Wisata Pantai Rembang Untuk Refreshing

Rembang adalah kota kecil di wilayah Pantura Jawa Tengah. Seperti umumnya kota di Pantura, kota ini juga mempunyai garis pantai yang cukup panjang. Diantara garis pantai yang dimilkinya, Rembang memiliki beberapa pantai yang pas untuk melepas penat. Yang menarik, semua pantai mempunyai akses yang mudah, karena berada di tepi jalur Pantura yang terkenal itu.

Sebenarnya banyak pantai di kabupaten ini. Namun tidak semua pantai tersebut memiliki fasilitas dan panorama yang cukup indah. Berikut adalah pantai yang bisa dijadikan tujuan wisata anda dan keluarga.

Pantai Karang Jahe

Sumber: investor.id

Ini adalah tempat wisata pantai yang paling terkenal di Rembang. Terletak di desa Punjulharjo, kecamatan kota Rembang, sekitar 7 km arah timur kota Rembang. Karena terletak di jalur pantura, pantai Karang Jahe sangat mudah untuk diakses.

Pantai arang jahe mempunyai garis pantai yang cukup panjang, dan memiliki pasir yang berwarna putih. Selain itu, air lautnya cukup bersih dan di sepanjang pantai banyak ditumbuhi pohon cemara laut, sehingga nyaman untuk berteduh sambil menikmati pemandangan.

Salah satu keunggulan dari pantai Karang Jahe adalah pantainya yang landai. Dengan keadaan ini, jika mandi atau berenang, maka cukup aman, karena air lautnya tenang dan kedalaman air yang cukup dangkal. Apalagi pasir pantai ini berwarna putih. Sangat cocok untuk bermain pasir, baik membuat istana pasir atau membuat bangunan lainnya. Bila ingin kegiatan lain, bisa saja menyewa kendaraan ATV. Banyak ATV yang dapat disewa.

Jika lelah bermain atau berenang, anda dapat beristirahat di deretan warung yang berada di bawah rindangnya pohon cemara. Jangan khawatir soal harga, sebab semua dijual dengan harga yang wajar.

Dan ini, pantai Karang Jahe memiliki panorama yang indah, sangat pas untuk berfoto ria atau selfie.

Pantai Dampo Awang

Sumber: wisatarembangblog.wordpress.com/

Terletak di desa Tasik Agung, kecamatan kota. Pantai ini sangat dekat pusat kota Rembang membuat pantai ini sangat mudah di akses. Pantai Dampo Awang dikenal juga sebagai pantai Kartini.

Nama pantai ini diambil dari salah satu tokoh cerita rakyat rembang yang bernama Dampo Awang. Konon, salah satu peninggalan dari Dampo Awang adalah sebuah jangkar kapal. Jangkar ini sendiri dapat disaksikan dari pantai ini.

Dari sisi fasilitas, pantai Dampo Awang mempunyai fasilitas paling lengkap dibanding pantai lain di kabupaten Rembang. Di pantai ini mudah ditemui tempat duduk untuk bersantai menikmati pemandangan laut. Juga banyak wahana bermain untuk anak-anak. Dan yang paling menarik dari pantai ini adalah adanya anjungan yang menjorok ke laut. Dari anjungan ini, pemandangan laut Jawa terhampar luas. Bagi yang ingin bermain air atau berenang, di pantai ini juga tersedia kolan renang.

Pantai Caruban

Sumber: arumpakardoc.blogspot.com/

Pantai ini berdekatan dengan pantai Karang Jahe yang lebih terkenal. Karena itu, tingkat keramaiannya lebih rendah. Namun situasi yang demikian membuat pantai ini lebih cocok untuk bersantai dengan tenang.

Meski tidak terlalu ramai dibanding Karang Jahe, pantai Caruban telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti wahana ATV dan snorkeling. Dan snorkeling ini yang tidak terdapat di pantai Karang Jahe.

Satu lagi fasilitas di pantai Caruban yang tidak terdapat di Karang Jahe, tempat camping. Jadi bagi yang ingin bermalam untuk menikmati sunset atau sunrise, bisa bermalam di sini. Soal harga, cukup bersahabat dengah kantung.

Pantai Nyamplung Indah

Sumber: inspirasisembilantujuh.blogspot.com/

Salah satu ciri khas dari pantai yang ada di kabupaten Rembang adalah pasir putih dan pohon cemara di bibir pantainya. Demikian juga dengan pantai Nyamplung Indah. Pantai yang terletak di desa Tritungggal, Kecamatan Rembang ini mempunyai pasir putih yangterhampar luas dan deretan pohon cemara yang berjajar.

Meski fasilitas belum banyak dibangun di sini, bukan berarti tidak layak dikunjungi. Pantai Nyamplung Indah memiliki berbagai spot yang menarik untuk fotografi. Cobalah kunjungi dan ambil beberapa foto. Jika dipublis di medsos, akan banyak yang suka..

Pantai Wates

Sumber : jatengprov.go.id

Pantai ini memiliki ciri khas pantai di Rembang, yaitu hamparan pasir putih dan hutan cemara. Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Wates ini sangat terjaga kebersihannya dan adanya fasilitas yang sangat tertata.

Pantai ini terletak di desa Tasikharjo, Kaliori, Rembang, sekitar 10 km di sebelah barat kota Rembang. Memang pantai ini masih kalah tenar dibanding pantai Karang Jahe. Meski begitu, tempat ini sudah cukup ramai dengan pengunjung dari daerah di sekitar Rembang.

Selain menikmati keindahan pantai Wates, pengunjung pun dapat menuju pulau Gede. Di pulau ini, pengunjung dapat melakukan diving dan snorkeling. Terumbu karang yang sangat terjaga kelestariannya akan memberikan pemandangan yang mempesona.

Hutan Mangrove Pasar Banggi

Sumber: zulfazangqi.wordpress.com

Salah satu kawasan konservasi mangrove yang berhasil di pantura adalah kawasan mangrove yang terletak di desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang. Di kawasan ini, hutan mangsove termasuk yang palingm lebat. Setidaknya, di hutan mangrove Pasar Banggu terdapat 6 spesies mangrove, yaitu Rhizophora Spp, Rhizophora apiculate, Avicenia marina, Avicenia alba, Soneratia alba, dan Xilocarpus Spp. Bukan hanya mangrove, di hutan ini juga dapat dijumpai beberapa hewan endemik seperti antara lain burung blekok, elang laut, burung hantu, dan biawak.

Selain flora dan fauna, ada hal menarik di hutan mangrove ini, yaitu jembatan merah yang membelah kawasan mangrove ini. Warna merah jembatan ini berpadu dengan rimbun dan hijaunya deretan mangrove memberikan kombinasi pemandangan yang menarik. Dan tentu saja, spot seperti ini sangat menarik sebagai obyek fotografi. Atau juga sebagai tempat foto selfie yang bagus.

Akses ke hutan mangrove Pasar Banggi sangat mudah. Sebab terletak di tepi jalur pantura. Ada spanduk dan penunjuk arah, sehingga tempat ini mudah untuk ditemukan.

Jadi jika ingin refreshing, ke Rembang merupakan pilihan yang tepat. Banyak pantai yang bisa dijadikan tempat untuk refreshing.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *