5 Tempat Wisata Favorit Di Pati

Pati merupakan salah satu kabupaten di daerah pantura. Di tinjau dari sisi tujuan wisata, Pati belum begitu dikenal. Tapi hal ini bukab berarti di Pati tidak ada tempat wisata yang keren dan layak dikunjungi.

Kabupaten Pati termasuk daerah yang mudah untuk di akses. Jalur pantura (jalan Daendels) yang terkenal itu melewati kabupaten ini. Dari arah Semarang, untuk mencapai kabupaten ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam, dan dari Surabaya berkisar 5 jam.

Dari sisi geografis, Pati berbatasan dengan Kudus, Jepara, Blora, Rembang dan Grobogan. Kabupaten Pati sebagian besar wilayahnya merupakan dataran rendah dan merupakan daerah pesisir. Namun bukan berarti tidak ada perbukitan sama sekali. Bahkan beberapa daerah perbukitan mempunyai panorama yang indah.

Beberapa spot wisata yang instagramable di Pati tersebar, dari daerah pantai hingga perbukitan. Apa saja spot wisata di Pati itu?

Puncak Arga Pesona

Perbuktian Kendeng merupakan daerah perbukitan yang berada di sebelah selatan kabupaten Pati. Puncak tertinggi perbukitan ini berada di desa Beketel, Kayen, Pati. Puncak ini disebut dengan nama Puncak Arga Pesona.

Sumber : nyero.id

Dari puncak ini tersuguh panorama yang cantik dari 5 kabupaten sekaligus, yaitu Blora, Rembang, Pati, Grobogan, dan Kudus. Bagi yang suka dengan fotografi panorama, tempat ini merupakan area yang tepat untuk mendapatkan foto pemandangan yang memanjakan mata.

Gardu Pandang Kayen

Tempat ini juga masih berada di kawasan pegunungan Kendeng, tepatnya di desa Durensawit, Kayen, Pati. Dari ketinggian, panorama eksotik terpampang jelas. Bagi yang hoby foto, gardu pandang ini merupakan spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Sumber : Kaskus

Selain gardu pandang, di area ini juga terdapat rumah pohon dan berbagai dekorasi yang apik, berpadu dengan latar belakang panorama menarik kawasan pegunungan Kendeng.

Agrowisata Jolong

Tempat ini merupakan destinasi wisata yang murah meriah. Terletak di perkebunan kopi Jolong, akses ini masih mudah untuk dicapai. Bukan hanya udara sejuk, tempat ini juga menyajikan berbagai spot foto yang indah. Tapi yang paling menarik adalah wisata keliling perkebunan kopi dengan menggunakan kendaraan khusus.

Sumber: Republika

Pengunjung akan dibawa berkeliling perkebunan kopi dengan melewati jalur yang cukup mendebarkan. Tapi tidak usah khawatir, pengemudinya sangat terampil dan berpengalaman sehingga dapat melewati jalur-jalur tersebut dengan aman.

Selain wisata keliling kebun kopi, pengunjung juga dapat menikmati cita rasa kopi Jolong yang cukup terkenal itu. Bukan itu saja, kopi Jolong juga dijual dengan berbagai ukuran kemasan. Cocok sebagai oleh-oleh.

Sebagai tempat wisata keluarga, agrowisata Jolong juga dilengkapi dengan arena bermain, flying fox, terapi ikan, rumah balon dan lain sebagainya.

Agrowisata Jolong terletak di desa Sitiluhur, Gembong, Pati.

Waduk Seloromo

Waduk Seloromo ini juga terletak di daerah Gembong. Letaknya yang berada di kaki gunung Muria membuat waduk ini memiliki pemandangan alam yang memanjakan mata. Udara di sekitar waduk ini juga cukup sejuk. Hal ini akan membuat betah pengunjung untuk berlama-lama menikmati panorama.

Sumber: Wartawisata.id

Sebagai tempat yang menyuguhkan pemandangan alam, tempat ini juga bagus untuk fotografi.

Waduk Gunungrowo

Waduk ini merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Pati. Tempatnya juga berada di kaki gunung Muria. Tak heran jika udaranya cukup sejuk.

Sumber: heikaku.com

Di tempat ini, selain pemandangan yang indah, juga tersedia berbagai kuliner menarik. Rumah makan di sekitar waduk menyediakan berbagai makanan yang menggugah selera dengan harga yang wajar. Pengunjung dapat makan sambil menikmati keindahan panorama waduk Gunung Rowo ini dengan tenang.

Bukan hanya kuliner. Di sekeliling waduk Gunungrowo juga terdapat jalur yang dapat dilalui dengan bersepeda. Jadi jika ke tempat ini, jangan lupa, bawa juga sepeda lipat agar dapat bersepeda keliling waduk.

Pelabuhan Ikan Juwana

Tempat pelelangan ikan berada di pelabuhan ikan Juwana. Tempat ini merupakan tempat pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan yang cukup besar. Setiap hari, banyak kapal ikan yang membongkar hasil tangkapannya di pelabuhan ini.

Sumber: Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan

Bagi pecinta fotografi, pelabuhan ikan, terutama saat kapal ikan membongkar hasil tangkapannya, dapat menjadi obyek fotografi yang menarik. Berbagai ikan dengan berbagai ukuran dijual dengan cara lelang. Momen seperti ini jika diabadikan dalam foto dapat menjadi foto yang bagus.

Di tempat pelelangan ikan, pengunjung juga dapat membeli ikan segar yang bru saja turun dari kapal. Harganya tentu ramah di kantong. Namun karena ini pelabuhan ikan, aroma yang tercium sudah pasti aroma ikan. Jadi siap-siap dengan masker ya..

Itulah berbagai tempat wisata di Pati yang menarik untuk dikunjungi. Jadi jika ada waktu untuk liburan, tak ada salahnya berkunjung ke Pati dan berwisata. Oke?

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *