Makanan Khas Rembang Menggoda Selera

Jangan pernah meragukan keaneka ragaman Indonesia. Tiap daerah, pasti mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Termasuk soal kuliner. Dan beruntunglah kita. Dapat menikmati berbagai variasi rasa yang berbeda, meski daerah tersebut berdekatan. Contohnya adalah makanan khas Rembang, yang ternyata berbeda dengan daerah lain di sekitarnya.

Meski Rembang termasuk daerah pesisir, namun kulinernya bukan hanya didominasi hasil laut. Banyak makanan khas yang berbahan dari ‘makanan darat’ seperti ayam dan daging. Nah apa saja kuliner khas Rembang yang harus dicoba karena menggoda selera itu?

Lontong Tuyuhan

Sumber: food.detik.com

Lontong Tuyuhan merupakan kuliner yang berasal dari desa Tuyuhan, Pamaotan, Rembang. Sisi unik dari lontong ini adalah bentuk lontong yang segitiga. Bukan sembarang bentuk. Ada sisi filosofis dari bentuk lontong Tuyuhan ini.

Bentuk segitiga merupakan perlambang dari dasar kehidupan, yaitu yang pertama taat pada Allah. Yang kedua adalah taat pada Rasul dan ulama dan yang ketiga adalah taat pada pemerintah. Filosofi ini dijalankan sampai dengan saat ini, terbukti dengan banyaknya ulama dan pesantren di Rembang. Dan masyarakat yang religius ini juga mempunyai hubungan yang baik dengan pemerintah.

Lontong Tuyuhan merupakan makanan berupa lontong yang dipadukan dengan kuah dan daging ayam kampung. Rasa gurih yang khas sangat terasa. Bukan itu saja. Meski ayam yang digunakan adalah ayam kampung, namun daging ayam yang diolah sedemikian rupa ini mempunyai tekstur yang empuk, tidak alot.

Banyak penjual lontong Tuyuhan di sepanjang jalan Rembang. Jika merasa jauh, datang saja ke sekitar alun-alun kota Rembang di malam hari. Di sana akan banyak penjual lontong Tuyuhan. Soal harga, kangan khawatir. Ramah di dompet.

Sate Sarepeh

Sumber: jatenglive.com

Sate ayam identik dengan sate dari Madura. Namun di Rembang, ada sate ayam lain yang disebut dengan sate Sarepeh. Berbeda dengan sate ayam Madura, sate sarepeh tidak disajikan dengan bumbu kecap, melainkan dengan sambal bersantan.

Paduan antara daging ayam yang dibakar hingga matang dengan sambal bersantan kental ini akan memberikan rasa pedas gurih yang nikmat. Bisa bayangkan jika sate ayam disiram sambal bersantan kental?

Untuk mencari makanan khas ini tidak sulit. Banyak ditemui di ssepanjang jalan di kota Rembang. dan lagi-lagi soal harga, ramah di didompet…

Urap Latoh

Sumber: indonesia-az.com

Urap merupakan makanan yang sangat mudah ditemui di pulau Jawa. Makanan ini berupa sayur yang direbus diberi bumbu parutan kelapa. Rasanya gurih segar. Namun di Rembang, ada urap yang sangat khas. Bukan sayur yang digunakan, namun latoh, rumput laut yang berwarna hijau terang dengan bentuk bulat kecil.

Rasa dasar dari latoh ini cukup asin. Jika dipadukan dengan rasa gurih urap, maka akan tercipta paduan rasa gurih asin yang cukup unik. Sangat pas jika dinikmati bersama dengan nasi liwet hangat dan tempe goreng. Maknyuss…

Kelo Mrico

Sumber: perpus.jatengprov.go.id

Sebagai daerah pesisir, Rembang tentu mempunyai kuliner berbahan dasar ikan laut. Dan olahan yang khas dan sedap itu adalah Kelo Mrico. Kelo artinya kuah dan Mrico adalah merica. Jadi kelo mrico berarti kuah yang diberi bumbu merica.

Kelo mricu merukan olahan makanan berkuah berupa ikan laut yang dioleh dengan berbagai rempah, termasuk merica di dalamnya. Rasa merica yang ada cukup dominan, sehingga memberikan sensasi pedas, hangat dan segar. Keringat auto bercucuran ketika menikmati makanan ini.

Sebenarnya, ikan yang digunakan bisa ikan apa saja, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Namun karena Rembang merupakan daerah pesisir, maka ikan yang digunakan seringkali merupakan ikan hasil laut seperti ikan sembilang, atau juga ikan kakap.

Untuk menikmati kuliner ini juga mudah. Jalan-jalan saja ke pusat kota Rembang, banyak warung yang menjual masakan ini. Tentu saja dengan harga yang wajar…

Sirup Kawista

Sumber:balls1.blogspot.com

Ini tidak lagi berupa makanan, tapi minuman. Yup.. sirup kawista. Sirup ini terbuat dari buah kawista. Bentuk buah ini tidak menarik. Berbentuk bulat coklat, dengan daging buah yang berwarna coklat. Kurang enak jika dimakan langsung. Namun jika di jadikan sirup, ehm..ehm.. rasanya khas menyegarkan.

Keunikan rasa sirup ini cukup terkenal. Sebagian orang menilai sirup kawista memiliki rasa perpaduan antara cola dan soda, sehingga disebut sebagai Cola van Java. Minuman ini sangat cocok sebagai penyegar ditengah hari yang panas terik. Tentu saja meminumnya dalam keadaan dingin (pakai es).

Untuk mendapatkan minuman ini tidak sulit. Di Rembang terdapat produsen sirup kawista yang sangat terkenal yaitu Sirup Kawista Cap Dewsa Burung. Produknya tersedia di berbagai toko. Jadi mudah untuk mendapatkannya. Dan sirup ini, sangat pas dijadikan oleh-oleh jika habuis berkunjung ke Rembang.

Nah sekarang, jika berkunjung ke Kabupaten Rembang, tidak bingung untuk menikmati berbagai makanan khas kan? Juga ada oleh-oleh yang bisa dibawa untuk kerabat di rumah.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *