Pilihan Warna Kamar Untuk Tidur Nyenyak

Kamar merupakan wilayah yang sangat pribadi. Di tempat ini, privasi harus dijaga. Di kamar tidur pula seseorang beristirahat. Dan karena merupakan tempat untuk istirah, maka kamar tidur harus diperhatikan betul desainnya, agar dapat memberikan rasa nyaman.

Salah satu unsur dalam desain kamar tidur adalah pemilihan warna. Jamak diketahui bahwa warna berpengaruh terhadap suasana hati dan mood. Karena itu, warna juga mempengaruhi kenyamanan dan ketenangan saat tidur. Warna-warna tertentu dapat membuat kita lebih nyaman dan rileks, sementara warna lain dapat merangsang kita untuk lebih bergairah.

Namun memperhatikan fungsi kamar tidur untuk istirahat, maka pemilihan warna lebih disarankan yang dapat memberikan suasana tenang dan damai. Secara umum, warna yang cenderung redup akan memberikan nuansa tenang.

Rekomendasi Warna Kamar Tidur

Warna merupakan salah satu unsur dekorasi yang penting. Masing-masing warna memiliki pengaruh psikologis yang berbeda-beda. Warna apa yang sebaiknya digunakan dalam kamar tidur kita? Berikut ulasannya.

Warna Biru Untuk Ketenangan Pikiran

Warna biru dapat disebut sebagai warna yang paling tepat untuk kamar tidur. Bukan hanya “adem” di mata, warna ini, menurut penelitian, dapat memberikan efek yang menenangkan pada otak. Namun penelitian ini dilakukan pada dinding aula. Meski demikian, warna ini juga pas untuk diaplikasikan pada dinding kamar tidur anda.

Semua varian dari warna biru mempunyai efek menenangkan pikiran. Namun untuk memberikan hasi yang optimal, gunakan warna biru yang cukup terang untuk diaplikasikan, baik di dinding kamar ataupun perabotan lainnya.

Warna Hijau Untuk Rileksasi

Warna hijau identik dengan tumbuhan dan alam. Selain itu warna ini juga memberikan nuansa kesegaran. Karena itu bagi sebagian orang, warna ini selain memberi efek rileks, juga memberikan nuansa kehidupan yang harmonis.

Dengan psikologis dari warna hijau, warna ini juga cocok untuk diaplikasikan pada dinding kamar ataupun perabotan lainnya. Dengan warna ini, anda dapat istirahat dengan santai namun terasa segar ketika anda terbangun di keesokan harinya.

Warna Kuning Untuk Keceriaan

Meski warna kuning memberikan efek psikologis berupa perasaan senang dan ceria, namun warna ini masih dapat digunakan dalam kamar tidur anda. Sebabnya, meski bernuansa ceria, warna ini tidak mengganggu atau membebani pikiran. Jadi ketika ingin beristirahat, tetap dapat tidur dengan nyenyak.

Dengan efek psikologis seperti tersebut di atas, jika diaplikasikan pada kamar tidur, maka akan cocok digunakan untuk menceriakan hari-hari anda setiap harinya.

Warna-warna Tanah Untuk Ketenangan

Penggunaan warna-warna tanah tetap harus memperhatikan beberapa hal. Meski warna tanah dapat memberikan nuansa kedamaian, namun perhatikan, jangan sampai warna tanah yang digunakan terlalu gelap.

Penggunaan warna tanah cenderung melemahkan gairah. Karena itu, gunakan warna tanah yang terang, agar ketenangan dapat diperoleh tanpa harus kehilangan gairah dan kreatifitas.

Warna Dinding Kamar Tidur Yang Sebaiknya Dihindari

Terdapat beberapa warna yang sebaiknya dihindari untuk kamar tidur. Sebab warna-warna tersebut akan mengganggu kenyamanan dan ketenangan saat tidur. Secara umum, warna yang harus dihindari adalah warna yang terlalu terang.

Warna merah dan jingga tidak cocok untuk diaplikasikan untuk dinding kamar tidur. Warna ini dianggap terlalu energik dan membangkitkan semangat. Penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa warna merah dapat meningkatkan naluri “fight or flight (melawan atau lari), membuat kita lebih waspada dan sadar akan lingkungan sekitar.

Sifat warna yang demikian tidak pas untuk kamar tidur yang fungsi utamanya untuk beristirahat dan tidur.

Selain warna merah dan jingga, warna merah muda cerah atau neon dan warna ungu juga tidak disarankan. Warna ini dianggap terlalu merangsang sehingga dapat mengganggu proses tidur.

Berbeda dengan warna sebelumnya, warna abu-abu gelap dan coklat tidak disarankan karena menimbulkan nuansa tertekan dan ketidak pastian, sehingga mengganggu ketenangan tidur.

Apapun warna yang diaplikasikan, pertimbangkan juga jenis cat yang digunakan. Warna mengkilap (glossy) sebaiknya dihindari karena mempunyai efek merangsang otak. Lebih baik pilih cat yang matte finish untuk memberikan nuansa tenang dalam kamar tidur anda.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *